Rabu, November 01, 2006

Lebaran ...... hari pertama

Mohon maaf lahir n bathin.
Lebaran di Indonesia ada 2 versi, snen or slasa?? mo pilih mana suka - suka lah, ini tergantung keyakinan masing - masing. Di rumahku yg paling gasik lebaran (hari snen) tuch Ramane alias my father. Dia berkeyakinan hari itu dia lebaran, ya ga puasa lah, tapi kok ga sholat Id Yaa??? Bingung mo sholat dimana kalee yaa?? Abisnya mesjid di desaku kebanyakan lebaran hari slasa. Jadi yaa ramenya hari slasa. Ramane yaa tetep ngikut sholat Id hari slasa....??? Aku bingung dibuatnya, biarian ajalah. Aku ga ikut sholat Id coz lagi dapet mens.

Lebaran hari pertama/slasa, muter - muter silaturahmi ke tetangga2 deket. OK, kunjungan pertama ke tetanggaku yg dah deket di hati, pokoke dah kayak keluarga sndiri, saking baiknya pokoke baik BGT. Tapi Qta silaturahmi dibagi 2 kloter, kloter pertama ya Ibuku ama ramane. ANAk2 tunggu rumah dulu, trus stelah mreka balik, gantian qta yg berkelana. Sbut aja rumah pertama itu rumah BUde. OK, disana stelah salam2an, aku ditawarin soto, langsung aja aku jawab dg smangat : MAU...
Langsung dech dibuatin buat aku, mba'ku, adekku, n 2 kponakanku. Pulangnya aku dapet angpao tak berbungkus. Senangnya, yg jlas lebih gede porsinya drpd adekku. Padahal kupikir klo dah gede ga dpt lagi, ehhh ternyata ada yg berbaik hati mberi. Alhamdulillah.

Stelah dari rumah Bude, Qta mampir ke rumah Mbah Yaqup. Ditawarin makanan yg dihidangkan di meja, lagi - lagi aku jadi pioneer ngambil duluan. Biskuitnya enak2, byk coklatnyaa. Hmmm..... Anak2 kcil dpt angpau tak berbungkus, aku ngeliatin. Ehhh..... aku ktularan dapet jg, tentunya 2x lipat besarnya. Yaa... emang dpt lebih gede sich drpd anak2 tp ga sesering mreka. Itung2 buat nambah tabungan n mlepaskan hasrat kpenginan buku2 yg nyantol di mata n di hati klo lagi mampir ke toko buku. Alhamdulillah ada yg berbelas kasih mberi aku angpao tak beramplop.

OK... Skitar jam 10an Qta tancap.. Pergi ke t4 simbah (ortunya Ibu) Mbah putri dah meninggal dunia 1 minggu sbelum lebaran. Dimana - mana ktemu pecel termasuk di rumah. Di tempat mbah, paklik2 ga lengkap adanya coz pada blum dtg dg berbagai alasan.

OK... Kliling kt4 tetangga2nya simbah. OK Qta sekelg pake seragaman ijo2. Puanass BGT cuaca hari itu... Komentar yg tersering : kok yg muda (aku yg dimaksud mreka) lebih gede n lebih tinggi daripada yg tua(kakak perempuanku). Aku hanya tersenyum.
Ada lagi yg comment: kok aku mirip paklikku. (*paklikku manis lhoo, brarti aku lebih manis yaa*) hehehe....

Di tempat Mba eli tuch anak2 pd main PS-an, aku nimbrung aja. tapi bosen wong keypadnya cuma 2, aku ga kbagian, masa aku cuma nonton, padahal aku dah ribut milih CD PS n ngomong2, maen yg balapan motor or yg mobil yaa..... Aku jadinya ribut beralih topik: ada bacaan ga??? trus ama si olan (anaknya mba eli, dia masih SD) : tuch di lemari samping TV. Aku sontak mbuka perlahan, tapi mataku natap aneh, trus teriak : Wahh isinya pada mo kluar smua! Olan : yg bener mbukanya, trus pilih aja. Aku ga nemu yg aku suka, trus ngomong lagi : ga ada yg aku suka. Trus adeknya Olan bilaang : ini aja, sembari pegang buku yg diambilnya dari kolong meja. Trus aku bacain utk mreka (*dg sedikit pemaksaan agar mreka ndengerin aku mbacakan crita*). Aku b'crita dg smangat mnggebu, menjiwai lahh... Ehhh ekor mataku mnangkap ada sepupuku dateng. Langsung dach aku melirihkan suara n sok jaim. Coz malu khan klo ktahuan aku kayak anak kcil BGT ama sepupuku yg cuma beda dikit usianya ama aku, cowo lagi. Sering adekku n kakakku juga geleng2 kpala sambil senyum2 sndiri ngeliat polah tingkahku.

Oh yaa, di kompleks santri, t4nya mbah karso, tuch aku knalan ama anak2 kcil. Trus nanya macem2. Dari aku, adekku, ama kponakanku, yg smangat n duluan knalan ama mreka aku lho. Kata adekku, aku nanya2 kayak m' interogasi.

OK... Aku suka yg aneh, beda drpd yg laen, termasuk makanan. Di hari Lebaran, makanan yg mnarik hatiku n aku makan dg semangat adl : manisan kolang - kaling super jumbo di rumahnya Mba Ida. Pulangnya Qta dibawain 1 bks, yg alhasil cepet kandas dg sempurna, berpindah ke lorong cerna kelg tuk bersua dg HCl. Byk yg suka lho.... Hmmm enak BGT.

OK skarang aku dah ngejogrok di labkomp kampus. udah mule kul meski ga full, tapi hari pertama kul, aku bolos. Tumben lho....

Bentar lagi (tgl 13) mo mid semster. Mohon doanya yaa...

Pesan utkkku: ternyata yg kucari, slalu brada di dekatku. Lebih dekat drpd yg kukira. Smoga Dia slalu mnaungiku n brada dlm hati n pikiranku.

Hak cipta cumiel 2006

Tidak ada komentar: